Minggu, 15 Januari 2012

Penduduk, Masyarakat, dan Kebudayaan





Kebudayaan Jawa



     Pengertian Budaya

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit. Budaya atau kebudayaan termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari






Pulau Jawa :






Mungkin ada 3 sebab yang membuat budaya Jawa tidak berkembang baik sekarang ini yaitu :

 
Pertama adalah banyaknya orang Jawa yang merasa minder dan tidak percaya diri dengan budayanya sendiri sehingga lebih senang mempelajari budaya asing. Mereka bahkan merasa kebarat-barat-an dibanding orang Barat sendiri. Padahal sejauh pengamatannya, budaya Jawa merupakan budaya dengan filosofi yang adiluhung dan tidak akan habis untuk dipelajari sampai kapanpun. Sementara itu orang asing sendiri justru sangat bersemangat mempelajari budaya kita sampai bontos dan buntas-an tetapi mereka tidak menjadi ke-indonesia-indonesia-an.




Kedua adalah banyaknya orang Jawa yang lebih senang berkiblat pada budaya dan agama Timur Tengah sehingga mereka tidak bisa membedakan antara agama dan budaya sendiri. Menurut pandangan mereka kebudayaan Jawa tidak sesuai dengan apa yang diajarkan oleh agama mereka, karena itulah tidak perlu dipertahankan lagi. Padahal nenek moyang kita pada zaman dulu memberikan gambaran yang jelas bagaimana men-jawa-kan agama tanpa merusak ajaran agama itu sendiri. Namun sayangnya masyarakat kita tidak memperdulikan toleransi tersebut. Akibatnya terjadi suatu pertentangan antara budaya dan agama yang seharusnya tak perlu terjadi.

Ketiga / sebab terakhir adalah minimnya fasilitas dan sarana untuk mengembangkan budaya Jawa. Bahkan media massa sendiri sebagai wadah untuk mempromosikan budaya Jawa tidak memberikan ruang secara maksimal bagi perkembangan budayanya sendiri. Kondisi tersebut semakin membuat budaya Jawa magel dan bahkan mengalami kemunduran. "Media massa sekarang lebih memikirkan bisnis sehingga kebudayaan Jawa yang dianggap tidak terlalu menguntungkan disingkirkan jauh-jauh. Mereka lebih senang mempertontonkan kebudayaan asing ketimbang kebudayaan sendiri," paparnya dalam bahasa Jawa.





Kesimpulan dan solusi dari adanya permasalahan yang memprihatinkan tersebut, solusi salah satunya adalah dimulainya gerakan masyarakat Jawa untuk menggunakan bahasa Jawa untuk meninggikan kedudukan bahasa tersebut. Hal tersebut dapat terwujud bila ada keselarasan, kebersamaan dari semua pihak untuk mewujudkan tujuan tersebut.





    Saya tinggal di Bojonggede yaitu tepatnya di Kabupaten Bogor. Bogor seperti yang kita tahu kental dengan adat Sunda, tetapi budaya yang mengakar hidup di sekitar lingkungan saya yaitu budaya Jawa. Itu disebabkan masyarakat yang tinggal di sekitar Bojonggede sebagian besar berasal dari Jawa. Ada sebagian merupakan urban atau pindah dari Jawa Tengah/Jawa Timur ke Jawa Barat, ada juga yang hanya keturunan dari orang Jawa, serta banyak pernikahan beda budaya.
          Karakter dan ciri khas masyarakat sekitar lingkungan saya :
1.  
Karakter dan ciri khas masyarakat sekitar lingkungan saya :
1.      Berbicara bahasa Jawa dalam kesehariannya
2.      Logat bicara medok  dan bertutur lemah lembut
3.      Memiliki budaya dan  mitos yang sama
4.      Ramah tamah
5.      Masih mempertahankan budaya gotong royong
6.      Peduli antar warga/tetangga





Kesimpulannya, budaya masyarakat Jawa adalah budaya yang masih perlu dan bahkan wajib dipertahankan sampai kapanpun. Budaya ini patut ditiru dan dilestarikan. Masyarakat ini sulit di provokasi dan menciptakan ketahanan social yang kuat.  Ini patut ditiru karena di luar sana masih banyak masyarakat yang homogen dan cenderung individual, tidak ada rasa persaudaraan dan kebersamaan.  
















     https://id.wikipedia.org/wiki/Budaya

























Tidak ada komentar:

Posting Komentar