Minggu, 28 April 2013

Anak Jalanan






          Ini artikel kedua saya yang bertema ekonomi
 Selamat membaca .........






Lagi-lagi Karena
Masalah Ekonomi Keluarga







Perekonomian Indonesia saat ini masih tidak stabil. Selain itu, terlihat bahwa yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin. Banyak sekali petinggi negara ini yang korupsi sehingga fasilitas yang seharusnya didapatkan rakyat jadi malah terbengkalai dan terabaikan.

Pada artikel ini, saya akan membahas mengenai perekonomian masyarakat menengah ke bawah dan dampak yang timbul akibat perekonomian yang kurang memadai tersebut.

Yang pertama saya akan membahas mengenai anak jalanan. Kita dapat lihat dan menilai sendiri bagaimana keadaan perekonomian orang tua mereka, di mana minimnya dana untuk pendidikan mereka, biaya makan sehari-hari, biaya kesehatan, dan masih banyak lagi. Itu semua yang membuat anak jalanan harus bekerja mengais rezeki setiap harinya. Bermacam-macam pekerjaan mereka, dari mengamen, berjualan, hingga menawarkan jasa misalnya ojek payung.

Sungguh mirisnya melihat penderitaan yang harus mereka rasakan, melihat bahwa mereka masih kecil, masih sangat dini untuk bekerja setiap hari. Pada kasus ini, saya melihat bahwa kurangnya rasa tanggung jawab orang tua mereka, minimnya pengetahuan mengenai pendidikan formal, kurangnya support untuk hidup maju dan berkembang. Seharusnya, walau hidup serba kekurangan, tetap mengikuti bangku sekolah, belajar dan belajar sehingga menjadi penerus bangsa yang pintar, berpendidikan dan mau bekerja keras, bukan malah mengemis/mengamen.

Selain itu, faktor lingkungan juga mempengaruhi. Mungkin kita sering sekali melihat langsung / mendengar / menonton dari televisi bahwa anak jalanan zaman sekarang itu senang mabok menggunakan lem aibon. Sungguh kenyataan yang memilukan hati.

Lem aibon itu digunakan sebagai pelepas rasa jenuh, capek, lelah, dan untuk membuang permasalahan-permasalahan ekonomi keluarga yang sedang terjadi.
Untuk itu, disini saya ingin berpendapat bahwa sebenarnya ada solusi untuk permasalahan anak-anak jalanan ini. Tetapi mungkin hanya saja praktik di lapangan tidak semudah yang dibayangkan. 

Solusi itu menurut saya :
1.  Karena banyak anak jalanan yang bukan berasal dari ibu kota, maka anak jalanan tersebut seharusnya di pindahkan ke daerah asal mereka.
2.   Memberi bekal pendidikan dan pengetahuan untuk nantinya bisa mereka gunakan untuk pekerjaan yang lebih baik.
3.   Membuat wadah untuk pemberdayaan anak-anak jalanan.



Sekian artikel yang saya buat, semoga
bermanfaat ........ J






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar