Minggu, 15 Januari 2012

Pokok Bahasan : Individu, Keluarga dan Masyarakat




Keluarga Ideal



 

A.  Pengertian Keluarga
Keluarga adalah lingkungan yang terdapat beberapa orang yang masih memiliki hubungan darah. Keluarga sebagai kelompok sosial terdiri dari sejumlah individu, memiliki hubungan antar individu, terdapat ikatan, kewajiban, tanggung jawab di antara individu tersebut.



B.  Ciri-ciri Keluarga
1.    Ciri-ciri Umum
Ciri-ciri umum keluarga antara lain seperti yang dikemukakan oleh Mac Iver and Page :
a. Keluarga merupakan hubungan perkawinan;
b Berbentuk perkawinan atau susunan kelembagaan yang berkenaan dengan hubungan perkawinan yang sengaja dibentuk dan dipelihara;
c Suatu sistem tata nama, termasuk bentuk perhitungan garis    keturunan;
d.  Kemampuan untuk mempunyai keturunan dan membesarkan anak;
e. Merupakan tempat tinggal bersama, rumah.

2.  Ciri-ciri Khusus
a.   Kebersamaan
b.    Dasar-dasar emosional
c.   Pengaruh perkembangan
d.   Ukuran yang terbatas
e.    Posisi inti dalam struktur sosial


 
Menurut pendapat saya, ciri-ciri keluarga ideal yaitu :
1.          Peran Ayah, Ibu, dan Anak berjalan sesuai dengan fungsinya.
2.  Agama itu no 1, agama dijadikan pedoman untuk menjalani kehidupan.
3.   Keluarga yang ideal, tidak hanya dapat diukur dari kemampuan ekonomi semata, namun bergantung dari kemampuan berkomitmen dalam menjaga keharmonisan.
4.        Membangun keluarga yang berpendidikan.
5.        Komunikasi antar anggota keluarga setiap hari lancar.



C.  Peran Masing-masing Anggota Keluarga
Menurut saya, peranan masing-masing anggota keluarga dalam keluarga dan masyarakat yaitu sebagai berikut :
ü    Peranan Ayah dalam keluarga : Ayah sebagai suami dari istri dan sebagai ayah dari anak-anak, berperan sebagai pencari nafkah, pendidik, pelindung dan pemberi rasa aman, sebagai kepala keluarga.
Peran Ayah di masyarakat : Di dalam kehidupan masyarakat, ayah berperan sebagai anggota dari kelompok sosialnya, serta sebagai anggota masyarakat dari lingkungannya. Misalnya, ayah menjadi perwakilan kepala keluarga untuk pemilihan ketua RT. Ayah pun dapat membantu acara / kegiatan-kegiatan yang diadakan di masyarakat misalnya : kegiatan pos ronda, kerja bakti setiap hari Minggu, dan lain-lain.
ü    Peranan Ibu dalam keluarga: Sebagai istri dari suami dan ibu dari anak-anaknya, ibu mempunyai peranan untuk mengurus rumah tangga, sebagai pengasuh dan pendidik anak-anaknya, pelindung dan sebagai salah satu kelompok dari peranan sosialnya serta sebagai anggota masyarakat dari lingkungannya, disamping itu juga ibu dapat berperan sebagai pencari nafkah tambahan dalam keluarganya.
Peran Ibu di masyarakat: Peran Ibu di masyarakat bisa sebagai ibu-ibu PKK. Jadi, ibu tidak hanya mengurus rumah tangga, tetapi juga dapat bergabung dengan ibu-ibu yang lain untuk membuat usaha home industy. Ibu pun dapat membantu tugas-tugas atau acara yang diadakan di masyarakat.

ü  Peranan Anak : Di dalam sebuah keluarga, anak-anak melaksanakan peranan sesuai dengan tingkat perkembangannya baik dalam perkembangan fisik, mental, sosial, dan spiritual dan sesuai  umurnya. Dalam keluarga, anakpun dapat membantu tugas Ibu misalnya untuk menyapu rumah, mengepel, mencuci, menyetrika, dan lain-lain.
Peran Anak di masyarakat : Dalam masyarakat, anak dapat bergabung dengan anak-anak lain untuk bersosialisasi. Misalnya, anak mengikuti Karang Taruna untuk belajar bersosialisasi, untuk menambah teman, menambah pengalaman, dan membantu tugas RT/RW. Misalnya RW ingin mengadakan acara untuk 17 Agustus, maka anggota Karang Tarunalah yang akan membantu agar acara berjalan lancer.























Tidak ada komentar:

Posting Komentar